Struktur dari Sebuah Activity

Activity bertindak sebagai sebuah User Interface yang menampilkan bagian dari sebuah Task. Sebagai User Interface, activity mempunyai Layout (View) dan Programm (Controller) (lihat MVC).
Sebagai User Interface, Activity mempunyai beberapa siklus kehidupan. Kehidupan Activity dimulai dari status onCreate yang akan dimulai atau dijalankan sewaktu Activity tersebut diciptakan. Selain itu ada pula onStart, onPause, onResume, dll. Semua hal ini dapat anda baca dan pelajari di :
Mari kita bernavigasi ke kelas MainActivity dari Project Directory anda di sebelah kiri. Anda akan menemukan program seperti pada gambar di bawah ini :

Class MainActivity seperti yang kita lihat terdiri dari beberapa fungsi bawaan, fungsi pertama adalah onCreate

Seperti yang kita sudah pelajari, fungsi ini akan dijalankan saat Activity dibentuk. Ada dua baris code pada fungsi ini : 
  • super.onCreate, berarti kita meng-extend fungsi dari parent class kita, sehingga kita bisa menambahkan fungsi tersebut.
  • setContentView, menginisiasi (initializing) Layout/Desain(View) yang akan dipakai pada Activity ini.
  • R.layout.activity_main, menunjukan lokasi file Layout. R adalah class Resource, berarti ada di folder res, lalu folder layout dan file activity_main.xml adalah layout yang kita pakai untuk Activity ini.
Sekali lagi, karena Activity bertindak sebagai Controller, maka dia harus menginisiasi (initializing) Layout apa yang hendak dipakai, dan data yang hendak kita tampilkan melalui Layout tersebut (Model) nantinya.
Selanjutnya adalah fungsi onCreateOptionsMenu.

Fungsi ini adalah untuk menambahkan optionsmenu tambahan pada ActionBar saat menu onCreate dipanggil. Fungsi onOptionsItemSelected adalah fungsi yang meng-handle jika ada sebuah optionsmenu yang di-klik oleh User. Untuk lebih jelasnya dapat anda baca di http://tutorials.jenkov.com/android/actionbar.html
Tips : Disarankan untuk mencoba menghapus fungsi onCreateOptionsMenu dan onOptionsItemSelected pada MainActivity Anda dan lakukan run, dan lihat apa yang terjadi. Perhatikan pada bagian kanan atas pada ActionBar Anda, yang tadinya mempunyai menu menjadi tidak mempunyai menu lagi.
Bagian atas dari MainActivity Class kita tadi seperti yang dapat kita lihat, adalah package name kita dan kelas-kelas pendukung yang kita import.

Terakhir, anda lihat deklarasi kelas anda.

Anda bisa coba untuk mengganti Parent Class dari MainActivity anda menjadi hanya Activity, bukan ActionBarActivity, lalu lakukan run dan perhatikanlah apa yang terjadi. 

Yang akan terjadi adalah ActionBar yang menempel di atas App kita akan hilang, karena kita tidak lagi meng-extend dari kelas ActionBarActivity, tetapi hanya dari Kelas Activity
OK, untuk sementara kita kembalikan Parent Class kita tadi menjadi ActionBarActivity lagi.
Sudah sejauh apakah anda memahami pemrograman pada Aplikasi Android? Mari kita melanjutkan ke contoh kustomisasi style android.