Tutorial ini ditujukan kepada kalian yang telah mempelajari dan memahami pemrograman Aplikasi Android Level Pemula. Pada tutorial tahap menengah ini pertama-tama kita akan belajar tentang struktur dari Android Project. 

Struktur dari Project Android

Sebuah Android Project terbagi menjadi beberapa peran, yaitu :
  1. Java : Sang Progammer
  2. Resources : Sang Desainer
  3. AndroidManifest.xml : The Big Boss
  4. Intent : Sang Pekerja 

Java

Semua code java dapat ditemukan di src/main/java directory. Semua file java dapat ditemukan di directory ini, dan Java juga yang menentukan fungsi dari aplikasi mobile anda.

Resources

Kita tidak hanya ingin membuat aplikasi yang berfungsi dengan baik dan benar, tetapi juga ingin membuat aplikasi yang indah dan keren untuk dipakai. Nah disinilah faktor desain berperan. Folder resources dapat ditemukan di app / res directory, yang berisikan : 
  • drawable folder sebagai tempat meletakan gambar-gambar yang kita pakai.
  • layout folder sebagai tempat xml untuk desain yang dipakai.
  • menu folder sebagai tempat xml untuk desain actionbar.
  • values folder sebagai tempat untuk meletakan konfigurasi statis, seperti strings, colors, dimensions dan styles.

AndroidManifest.xml

Android Manifest adalah xml yang mengatur semua yang terjadi pada app anda. Semua activity harus dilaporkan kepada The Big Boss, yaitu androidmanifest.xml. Title, icon, dan version juga dilaporkan disini.

  • android:icon Lokasi dari icon, @mipmap/ic_launcher berarti lokasi di folder res/mipmap/ dengan file ic_launcher.
  • android:theme Lokasi dari theme yang dipilih, lokasi style terletak di folder res/values/styles.xml dengan pilihan name yaitu AppTheme.
  • <activity> Element di sini menggambarkan semua activity yang terdaftar di dalam project ini.

Intent

Mau memunculkan halaman baru di layar? Mau memanggil website? Semua kegiatan ini merupakan Intent. Intent dapat berkomunikasi internal di dalam satu app atau external antar app. Contohnya, pada androidmanifest.xml app "Hello World" anda, akan anda temukan bahwa MainActivity mempunyai android.intent.category.LAUNCHER yang akan menjadikan MainActivity sebagai Intent pertama sewaktu app kita diluncurkan / dijalankan (launch).
Jika anda masih belum memahami apa itu Intent, tidak masalah, ikuti saja tutorial ini dan anda akan semakin memahaminya.
Selanjutnya kita akan belajar mengenai Android Activity.