Pada tutorial ini kita akan belajar membuat Android Button dan juga membuat Listener untuk mengetahui kapankah Button tesebut di klik, dan juga aksi di belakangnya. Pada bagian akhir, kita akan menggunakan Button ini untuk berpindah Activity.
Pertama-tama marilah kita buka activity_main.xml dan kita tambahkan code untuk sebuah Button seperti berikut :
<Button android:id="@+id/button1"
android:text="klik me"
android:layout_below="@+id/text1"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"  />

Tambakan id kepada TextView diatas nya menjadi :
android:id="@+id/text1"

Keseluruhannya akan menjadi seperti berikut :

Sekarang mari kita buka MainActivity.java dan kita tambahkan pernyataan berikut setelah setContentView pada fungsi onCreate
Button button = (Button) findViewById(R.id.button1);
button.setText("hello");

Anda bisa coba run, dan hasilnya akan terlihat seperti ini :

Apa yang terjadi disini adalah : pertama-tama kita membuat View Button itu sendiri pada layout kita. Di sana kita mendefinisikan text pada Button tersebut dengan kata-kata "klik me". Text dari Button tersebut akhirnya kita overwrite dengan kata "hello" pada code button.setText("hello);
Karena Activity berfungsi sebagai Controller, jadi Activity berfungsi sebagai business logic dan penghubung antar Layout/View dengan Model/Data.
Di baris pertama Button button = (Button) findViewById(R.id.button1);  kita menghubungkan variabel Button yang kita deklarasikan terhadap View button1 yang kita deklarasikan pada layout. Ingat android:id="@+id/button1" yang kita deklarasikan pada Button tadi.
Selanjutnya setelah View sudah terhubung, kita bisa memanipulasi apa yang terjadi pada View tersebut dengan menggunakan coding, contoh setText('hello') tadi.
Langkah selanjutnya adalah kita akan berikan listener sehingga Button tersebut bisa kita klik. Tambahkan code di bawah ini tepat di bawah setText.
button.setOnClickListener(this);

Yang terjadi adalah Android Studio akan menemukan error dan menggarisbawahi kata this, double klik pada this, lantas menu bantuan akan muncul seperti pada gambar dibawah. Pilihlah "Make 'MainActivity' implement 'android.view.View.onClickListener'.

Lantas akan muncul pop up, dan silakan klik OK

Selanjutnya Android Studio secara otomatis akan mengarahkan kursor kepada sebuah fungsi baru, yaitu onClick

Sebelum melangkah lebih lanjut, mari kita buat variabel button kita menjadi global variabel untuk memudahkan pemanggilan. Mari kita tambahkan sebagai berikut :
Button button;

... tepat setelah deklarasi kelas MainActivity, dan hapuslah kata-kata Button dari statement Button button = (Button) findViewById(R.id.button1). Jika benar maka variabel button akan menjadi bewarna ungu. Lihat gambar di bawah ini :

Nah sekarang kita isi fungsi onClick dengan :
button.setText("hasil klik");

Sekarang cobalah untuk melakukan run dan klik button anda.

Hasilnya, setelah di-klik akan terjadi perubahan text dari button. 
Untuk tutorial Android App lebih lanjut kita akan belajar mengenai apa itu Android Intent.